Selasa, 21 Maret 2017

Dynamic Block

Tags

Dynamic block adalah tool tambahan sebagai lanjutan dari block yang sifatnya lebih dinamis artinya satu obyek block dapat dirubah bentuk, ukuran dan posisi tanpa harus melakukan block editor.
Fasilitas dynamic block ini sudah ada dari versi autocad 2006 sampai dengan versi terbaru saat ini. Dynamic blok merupakan bentuk lanjutan dari block yang dapat dirubah sesuai kebutuhan. Tanpa perlu mengexplode dan memodifikasi komponen objek. Karena Blok seperti ini bersipat dinamis.
Dengan block dinamis, kita bisa memasukan satu block yang bisa berubah bentuk, ukuran atau konfigurasi. Namun di tutorial kali ini. Kita tidak merubah ukurannya dulu. Yang dirubah hanya bentuk dan posisinya.
Suatu misal sebuah gambar dinding dengan panjang 1000 mm (1 m) sebagai berikut:
Dalam sebuah gambar konstruksi diatas, sebuah dinding tidak hanya 1m ada dinding dengan panjang 2m, 3 m dan yang  lainnya. Dan juga arahnya tidak hanya searah sumbu X saja ada yang searah dengan sumbu Y.
Untuk menjadikan gambar diatas bisa diperpanjang dan diputar pada arah sumbu yang lain tidak harus dengan melakukan edit, tapi dengan fasilitas dynamic block ini  dapat dilakukan editing dengan sangat mudah dan cepat.

Agar dapat bekerja dengan dynamic block, tentu saja tidak akan lepas dari pekerjaan membuat block. Untuk dapat membuat dynamic block ada beberapa tahapan yang harus dilakukan antara lain :

  1. Menggambar obyek block. 
  2. Mengubah gambar menjadi komponen block. 
  3. Mengatur dynamic block sesuai dengan keinginan, menggunakan block editor. 
  4. Dynamic block siap digunakan.

Lebih lanjut, teman2 bisa klik langkah kerja link Tutorial membuat dynamic block. (literasi : english)


Untuk video tutorial, anda juga bisa langsung ikuti link berikut 

atau lihat langsung di block ini.



EmoticonEmoticon